Rabu, 09 Februari 2011

...si Skripswiiitttt...


Emmm…ambil Skripsiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii ga yaaaaaaa???

Ya…ya…ya…hampir setiap hari, pertanyaan itu muncul, mulai dari teman-teman, saudara, orangtua, bahakan diriku sendiri tak pernah berhenti mennyakannya. Pertanyaan itu menghantui benakku sejak awal aku melanjutkan studiku ke sebuah sekolah tinggi. Gelar ahli madyaku yang aku dapatkan di jenjang D3, memotivasi aku untuk menempuuh jenjang yang lebih tinggi. Nah, sistem di kampusku ini cukup unik. Kita sebagai mahasiswa diperbolehkan memilih menempuh skripsi atau tidak. Apabila kita memilih untuk tidak menempuh skripsi, maka kita wajib untuk menempuh matakuliah pengganti untuk melengkapi SKS transkrip nilai kita nantinya. 

Wakakaka…setelah sekian lama dilema dalam memutuskan menempuh skripsi atau tidak, akhirnya keputusan final yang aku ambil adalah MENEMPUH SKRIPSI!!! Entah darimana keputusan itu pada akhirnya mantab aku ambil.

Oke…Let’s start!!!
Lha terus, harus dimulai dari mana ya?

Hahahaha…lagi-lagi tak tahu harus bagaimana. Hemmm…stag…diam…dan bingung mau ngapain. Nyerah??? Ga lah…kata nyerah ga boleh nongkrong dalam kamus saya! Hee…*sok-sok an banget ya?=D

Tahap awal yang saya lakukan adalah SKSD(sok kenal sok dekat). Cari tahu siapa saja yang pernah menempuh skripsi di kampus saya. And, I got it!!! So, aku add facebook mereka dan mulai tanya-tanya deh. Hemm… tapi sayang, tak semua mulus. Ya…ya…ya…but I still must be optimistic…!!!!

Tak sengaja seorang sahabat berkunjung ke rumah dan menceritakan pengalamannya mengikuti sebuah WORKSHOP SKRIPSI. Wah…betapa antusiasnya diriku mendengarkan cerita sahabatku itu. Nah, ini ni tips buat yang mau skripsi ala workshop skripsi:

  1. kunci dari SKRIPSI adalah BACA…BACA…dan BACA…
  2. kunci kedua yang sangat penting adalah SEMANGAT…SEMANGAT…dan SUPER SEMANGAT!!!!!*wakakaka…salam super…^^
  3. jangan sampai terjebak dengan skripsi orang lain, alangkah baiknya kita membaca teori yang kamu tertarik di sumber berbagai buku lalu aplikasikan pada perusahaan apa yang mau diteliti. O iya, kalau membaca jurnal itu lebih baik daripada baca skripsi.
  4. cari tau WAKTU PRODUKTIF kamu…gunakan waktu prodyktif itu untuk membuat progreess skripsi. Jangan paksakan dirimu di waktu tak produktifmu! Itu hanya akan membuatmu stress, justru maen dan refreshinglah di waktu tak produkstifmu!
  5. buat draff daftar pustaka setiap kamu membaca apapun yang menambah porsi skripsimu!
  6. DON’T SAVE YOUR DATA IN THE SAME PLACE!!!!
Oke deh…itu sebagian resep dalam menempuh “skripswiit” alias skripsi akuntansi.
Wish we luck in this process!



Tidak ada komentar: