Kamis, 28 Februari 2008

BuaT CaLoN-caLoN PeBisNis...^^


HAI TEMAN........!!!!!!!!!!!!!

Aku punya topik pembicaraan yang lumayan seru nich....
Buat kamu-kamu yang tertarik bisnis, kudu baca informasi ini...
info ini aku dapet dari dosen Pemasaranku...
walapun tuch dosen kagak gitu enak, tapi salut buat dia!

OKE PUNYA pokoknya!

PRenD...sebelum kamu-kamu buka bisnis di Indonesia, lebih baik baca dulu 5 KarakTer UniK KonsuMen InDoNesia....!!!

Kebanyakan, KOnsumen Indonesia itu:

1.Berpikir Jangka Pendek!!!
Hahahaha....Sebenarnya ini suatu pelecehan sich...tapi bener juga kan? KOnsumen Indonesia itu cenderung mencari produk yang ngasih benefit jangka pendek dan males kalo disuruh berputar-putar dengan investasi...
Melihat kenyataan itu, Qta sebagai Pebisnis, harus bisa menawarkan barang yang Short Term Benefit (Keuntungan jangka pendek).
Selain itu, iklan juga berpengaruh buat prouk Kita! pakai bahasa iklan yang sederhana, mengingat latar belakang pendididkan Indonesia gitu....(hehehehe...ga dink...aku juga orang Indonesia kok...)

2.Suka BerKuMpuL
Sikap seperti ini akan bermanfaat bagi Qta sebagai Pebisnis apabila Qta menggunakan strategi WOM ( Word of Mouth) !!!
Strategi ini sangat cocok digunakan di Indonesia, sebab menurut pakar Marketing, konsumen Indonesia, apabila merasa puas, dia akan bercerita kepada 5-15 orang lain. So, bisnis kamu akan semakin terkenal di kalangan masyarakat.

3.GagaP TeKnoLogi (GapTek)
Apakah kalian merasa GapTek?! hahahahaha...Sama!!!
Qta sebagai Pebisinis yang berniat membuat produk berbasis teknologi tinggi, harus memposisikan produknya secara simple atau user friendly sehingga mamberikemudahan bagi konsumen yang tidak mau dibuat repot. betul?!

4. GengSi
Wah, bagi kamu-kamu yang mementingkan gengsi, agak kesindir nich? Tapi memang kok, Konsumen Indonesia cenderung mengutamakan penampilan dibanding fungsi. So, cukup dengan membuat produk limited edition aja, pasti bakal banyak konsumen yang tertarik membeli produk kita... tentunya dibarengi dengan kualitas yang tinggi pula...

5.Kuat SubskulTur
Keragaman suku bangsa Indonesia membuat karakter konsumen Indonesia pun berbeda-beda. sikap fanatisme kedaerahan juga cukup tinggi. So, kalo kalian mau memproduksi sebuah produk, buatlah Riset dulu...
Riset ini digunakan untuk menggali value atau nilai yang diyakini suku bangsa tertentu yang berhubungan dengan selera, hubungan dengan alam, dsb. kemudian, menyusun strategi pemasaran sesuai dengan value tersebut.


Sebenarnya masih ada 5 karakter lagi...Tapi, diriQu sedang malas mengetik...

So...kalo kamu emang ngerasa butuh dan tertarik, bilang aja sama village! ntar village kasih Handout Pemasaran dari dosen yang tadi village ceritain di awal...

walo dosennya rada ga penak,,,

I LOVE PEMASARAN DECH.....!!!!!!!!!!!

SERU ABIS!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar: